Senin, 24 September 2012

PEREKONOMIAN

Kondisi dan kinerja pembangunan ekonomi suatu daerah tercermin dari nilai pendapatan daerah regional brutonya (PDRB). Secara umum, kondisi perekonomian Kabupaten Bantul cukup baik. Hal ini ditunjukkan oleh persentase pertumbuhan PDRB Kabupaten Bantul yang meningkat di hampir semua sektor. 



Dua dari sembilan sektor ekonomi di Kabupaten Bantul pertumbuhannya mengalami penurunan dari tahun 2008 ke tahun 2009, meskipun tidak terlalu signifikan. Sektor ekonomi tersebut yaitu sektor pertambangan dan penggalian, serta sektor bangunan. Selain kedua sektor tersebut, sektor-sektor ekonomi lainnya menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun, yang menunjukkan bahwa perekonomian di Kabupaten Bantul berjalan cukup kondusif, dengan sektor pertanian dan sektor perdagangan, hotel, dan restoran sebagai sektor yang berkontribusi paling tinggi dalam PDRB.
Tingkat produktivitas penduduk Kabupaten Bantul juga cukup baik. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai PDRB perkapitanya. Berdasarkan data yang diperoleh dari Bantul dalam Angka 2010, PDRB perkapita Kabupaten Bantul pada tahun 2009 mencapai 4.097.212 rupiah, yang mengalami kenaikan dari PDRB perkapita di tahun 2007 dan 2008, yang masing-masing hanya 3.845.008 rupiah dan 3.976.712 rupiah. Kenaikan tersebut menunjukkan bahwa kemampuan daya beli masyarakat Kabupaten Bantul meningkat dari tahun ke tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar